Apa Perbedaan Save dan Save As?

Apa Perbedaan Save dan Save As - Saat membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, Excel, Power Point atau software lain, lalu kita ingin menyimpan data maka akan ada pilihan, yakni save dan save as. Banyak pengguna laptop dan komputer yang masih bingung dengan fungsi dan perbedaan kedua perintah ini. Padahal jika kamu mengetahui tentang perbedaan save dan save as, maka tugas yang sedang kamu kerjakan akan terasa lebih mudah.

Apa perbedaan antara perintah Save dan Save As? Berikut ini penjelasan perbedaan save dan save as

Walaupun kedua perintah tersebut memiliki perbedaan, tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sama sama perintah untuk menyimpan file baik itu save maupun save as.

Mungkin sekarang kamu sedang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih perbedaan antara save dan save as itu? Kok bisa, memiliki fungsi yang sama padahal namanya berbeda.

Sebelum ke penjelasan mengenai bedanya save dan save as, alangkah baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-masing kedua perintah yang ada pada komputer maupun laptop ini.

Pengertian Save dan Save As
Save adalah perintah untuk menyimpan sebuah dokumen baru atau bisa saja dokumen yang lama yang di edit dan di simpan tanpa mengubah nama file yang ada. Sedangkan, Save As adalah perintah untuk menyimpan sebuah dokumen dengan nama file, lokasi penyimpanan dan format file yang berbeda.

Langkah-Langkah Untuk Menjalankan Perintah Save:
  1. Buat dokumen baru di Microsoft Word, Excel atau Power Point
  2. Ketuk menu File di ujung kiri atas
  3. Ketuk Save untuk menyimpan dokumen

Langkah-Langkah Untuk Menjalankan Perintah Save As:
  1. Buka dokumen yang sudah ada di Microsoft Word, Excel atau Power Point
  2. Pilih menu File di ujung kiri atas
  3. Pilih opsi Save As
  4. Pilih Browse lalu cari tempat untuk menyimpan dokumen
  5. Jika sudah pilih Save

Perbedaan Save dan Save As

Secara sederhana yang membedakan antara save dan save as adalah perintah save digunakan untuk menyimpan sebuah dokumen baru, artinya kita baru mengetik di Microsoft Office dan ingin menyimpannya dalam bentuk file. Sedangkan jika perintah save as digunakan untuk menyimpan dokumen yang sudah ada tanpa menghapus file sebelumnya dengan nama, tempat menyimpan serta format file yang berbeda. Dengan kata lain, save as ini berfungsi untuk menggandakkan suatu dokumen kemudian mengganti nama dokumen tersebut dengan nama yang berbeda tidak seperti nama yang sebelumnya digunakan.

Apa Saja Perbedaan Save dan Save As?

Save dan save as merupakan menu-menu yang digunakan sebagai penyimpanan data yang terdapat di microsoft office pada komputer dan laptop yang kalian gunakan.

1. Save
  • Save digunakan untuk menyimpan dokumen baru
  • Save digunakan untuk menyimpan suatu dokumen yang sudah pernah tersimpan atau yang belum pernah tersimpan
  • Save digunakan untuk menyimpan dokumen yang belum memiliki nama
  • Save digunakan untuk menyimpan lalu mengganti file yang sudah ada

2. Save As
  • Save As digunakan untuk menyimpan dokumen yang sebelumnya sudah dibuat kemudian menggantinya dengan nama file yang baru tanpa menghilangkan file yang diubah
  • Save As digunakan untuk menyimpan suatu dokumen dengan nama atau format atau tempat penyimpanan yang berbeda

Kesimpulan
Dengan kata lain, save digunakan untuk menyimpan dokumen baru, sedangkan save as digunakan untuk menyimpan file lama kemudian mengubah nama serta isi file dengan yang baru.

Baiklah, mungkin itu saja beberapa perbedaan save dan save as di microsoft office pada komputer maupun laptop. Semoga dengan mengetahui perbedaan kedua perintah tersebut kamu dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

0 Response to "Apa Perbedaan Save dan Save As?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel